Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Innovel, Aplikasi Baca Novel Terbaik

Daftar Isi: [Buka]
Innovel Gratis

 Innovel - Tahukah kamu? Banyaknya aplikasi novel yang bermunculan semakin diminati berbagai kalangan mulai dari remaja hingga dewasa. Berkat perkembangan zaman juga turut menghadirkan aplikasi instan termasuk aplikasi Innovel yang memberikan kemudahan bagi pembaca dengan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Sebelum mengenal apa itu Innovel, saya membaca novel lewat aplikasi Dreame yang tidak sengaja melihat iklan Innovel bersponsor di Facebook. Pertama kali juga saya menyukai membaca novel dengan judul Perfect Honeymoon yang di tulis oleh author ka desstina indria, itu juga taunya pas scrolling Facebook saat ada iklan innovel.

Saya baca sampai habis lah kok cuma beberapa episode saja, saya kesal dong! Saya cari-cari di pencarian Facebook yang saya dapatkan juga sama tidak menemukan Novel Perfect Honeymoon sampai lengkap.

Tidak berhenti sampai di situ saja saya mencari kelanjutannya sampai-sampai saya mencarinya di Mbah Google dengan keyword kalo nggak salah seperti ini "Sebuah pernikahan tanpa cinta adalah mimpi buruk bagi siapa saja, tapi tidak ada yang tahu mimpi buruk bisa menjadi manis bila takdir berkehendak padanya" kalo nggak salah seperti itu pas saya copy di Facebook.

Setelah menemukan yang saya cari, saya langsung install aplikasi Dreame di Google Playstore. Namun saya menjumpai jalan buntu lagi, terdapat gembok penghalang yang amat sulit di tembus, untuk bisa menembusnya kita diharuskan memiliki koin yang bisa di beli melalui menu store. (Pembahasan lebih lanjut di bawah)

Pertama kalinya juga saya sangat menginginkan membaca novel yang terdapat di aplikasi Dreame itu sampai-sampai mengeluarkan uang jajan saya untuk membeli koin.

Dengan membeli koin saya memiliki kepuasan tersendiri untuk membaca novel Perfect Honeymoon tidak sampai 2 hari sudah tamat membacanya. Makasih mbak destina Indria telah membuat novel sebagus ini.

Kalo Innovel, saya dapat saran dari grup Pecinta Novel untuk mendownload aplikasi Innovel saja agar memudahkan mencari novel bahasa Indonesia.

Itu cuma awal mula kenal sama aplikasi Dreame dan Innovel.

Tidak berhenti sampai di situ, saya juga sudah membaca Novel Life of Mi, Penjara Hati Sang CEO, Chandani's last love karya Msdyayu, My Husband My CEO karya VGCandy, Novel Cinta Sendiri dan lainnya.

Apa itu Aplikasi Innovel?

Aplikasi Innovel adalah salah satu aplikasi membaca novel online bahasa Indonesia yang bisa kamu unduh secara gratis tanpa menggunakan banyak kuota. Aplikasi Innovel ini bisa kamu baca secara gratis tanpa koin dan ada juga yang berbayar. Sama seperti Wattpad, Innovel memberikan kemudahan para pembacanya dengan fitur menarik seperti cerita gratis yang diperbarui setiap harinya.

Dimana Saya Bisa Mengunduh Aplikasi Innovel?

Innovel bisa kamu unduh secara gratis melalui google play store tanpa perlu mendatangi gerai toko buku terdekat. Untuk ukurannya, Aplikasi ini memiliki ukuran kurang dari 20MB sehingga tidak terlalu memakan kapasitas pada ruang penyimpanan ponsel dan menghemat kuota internet.

Genre Apa Sajakah yang Terdapat di Innovel?

Biasanya kalangan remaja berusia 13 hingga 18 tahun membaca genre fiksi romance sebagai pilihan utama mereka. Sementara dewasa berusia 19 hingga 25 tahun membaca genre romance dan fantasi sebagai genre favorit.

Akan tetapi Innovel menghadirkan berbagai genre yang bisa kamu pilih secara gratis dan instan. Genre yang terdapat dalam aplikasi ini ialah:

  • Romance
  • Fan Fiction
  • NewAdult
  • Horror
  • Chicklit
  • Teenage
  • Fantasy
  • YA&Teenfiction
  • Children's Books
  • Game
  • Action
  • Dan lainnya

Cara Mendapatkan Koin Innovel

Tidak semua orang mampu membeli koin Dreame atau Innovel. Untuk solusinya kamu bisa mendapatkan koin secara gratis dengan syarat kamu harus sabar, silakan masuk ke reward, selesaikan misi yang telah disediakan seperti:

1. Check-in

Dengan check in setiap hari maka kamu akan mendapatkan bonus koin secara gratis setiap harinya.

2. Memberi Peringkat

Dengan memberi Peringkat pada aplikasi innovel, kamu akan mendapatkan 20 koin gratis.

3. Menunggu Episode Gratis di Innovel

Dengan menunggu novel gratis terbuka, maka kamu akan mendapatkan 10 koin secara gratis.

4. Membeli Sebuah Episode

Jika bonus sudah kamu dapatkan, silakan buka gembok novel yang di kunci. Dengan membuka gembok yang di kunci pertama kali, maka kami akan mendapatkan bonus reward koin sebesar 10 koin.

5. Mengunduh Sebuah Episode

Untuk ke-lima ini kamu bisa mengunduh Sebuah episode agar mendapatkan koin gratis. Dengan mengunduhnya kamu bisa membaca novel tanpa mengaktifkan data.

6. Membaca Novel Selama 45 Menit

Cara ke-enam ini untuk mendapatkan koin kamu membaca novel selama 15, 40 dan 45 Menit. Setiap menit yang sudah saya sebutkan tadi maka kamu bisa mendapatkan koin yang berbeda berapa menit novel yang kamu baca.

7. Membeli Koin Pertama

Dengan membeli koin pertama kali maka kamu sudah mendukung para penulis untuk lebih berkarya membuat novel terbaik buat kalian. Selain itu kamu bisa mendapatkan bonus koin sebesar 10 setelah pembelian pertama.

8. Log In dan Mengisi Alamat Email

Untuk cara yang terakhir ini kamu bisa login menggunakan Facebook atau Gmail agar mendapatkan bonus reward, dan jangan lupa memasukkan email untuk reward tambahan.

Cara Membeli Koin di Innovel

Innovel menyajikan dua jenis cerita yang bisa dipilih untuk pembaca. Dua jenis cerita ini terdiri dari cerita gratis dan cerita berbayar. Perbedaannya terdapat dari sub per bab yang nantinya akan dibaca.

Untuk cerita gratis disortir pengembang dengan fitur unduh novel yang bisa dibaca secara offline tanpa menggunakan paket internet. Sementara, jika cerita berbayar pembaca harus memiliki koin untuk membuka pertengahan bab agar bisa mengetahui hasil akhir dari cerita.

Ada dua metode pembayaran yang bisa kamu lakukan untuk membeli koin innovel:

  1. Melalui Google Play (pembayaran via pulsa)
  2. Melalui Codapay (Ovo, Dana, Go-Pay, LinkAja, dan lainnya)

Cara Beli Koin Innovel Pakai Pulsa

  • Kamu Wajib Memasuki Laman Aplikasi Innovel
  • Pilih salah satu cerita favorit kamu
  • Ketika pada pertengahan bab cerita bertuliskan "Purchase coins to read", klik tombol tersebut
  • Pilih berapa jumlah koin yang ingin kamu beli di aplikasi Innovel
  • Kemudian Kamu akan dibawa ke Metode pembayaran
  • Silakan pilih G-pay untuk pembayaran pakai pulsa
  • Ikuti instruksi yang ada dan Selesaikan pembayaran

Cara Top Up Koin Innovel dengan Ovo, Dana, GoPay dan LinkAja

  • Pilih Top Up pada menu "saya"
  • Pilih Coin yang ingin dibeli
  • Pilih metode pembayaran, Jika Ovo klik Ovo
  • Tekan bayar di bagian bawah
  • Masukkan Nomor Ovo
  • Klik Lanjut, setelah itu buka aplikasi Ovo dan konfirmasi pembayaran

Cara Mengunduh Episode di Innovel

Keuntungan mengunduh episode adalah kamu bisa membaca novel secara offline atau tanpa menyalakan data seluler. untuk caranya sebagai berikut:
  1. Silakan cari novel yang ingin diunduh episodenya 
  2. Pastikan koin kamu cukup, karena untuk mengunduh episode menggunakan koin
  3. Setelah itu, tekan tombol unduh 

  4. Pilih berapa episode yang mau diunduh
    Unduh episode Innovel

  5. Langkah terakhir yaitu klik Buka dan Unduh
  6. Setelah itu ada pemberitahuan "saat ini anda berada di lingkungan non-wifi, apakah anda ingin melanjutkan mengunduh"  tekan "YA".
  7. Selesai

Fitur apa yang diberikan?

Innovel menyediakan fitur yang dihadirkan untuk pembaca setianya dengan memberikan desain antar muka pada laman aplikasi yang membuat nyaman di mata.

Fitur terbaik lainnya yang diberikan pada aplikasi Innovel antara lain :

  • Setiap pengguna baru aplikasi, Innovel memberikan koin gratis yang akan bisa ditukarkan nantinya.
  • Perpustakaan pribadi yang bisa digunakan pembaca untuk membaca novel secara online maupun offline.
  • Menyediakan grup pembaca yang dapat membagikan perasaan kamu setelah membaca novel favorit.
  • Memberikan banyak hadiah sesuai dengan misi harian yang telah diberikan aplikasi Innovel.
  • Innovel juga memberikan fitur untuk penulis yang ingin berpartisipasi dalam menulis cerita dengan genre yang bisa dipilih sesuka hati.
  • Pembaruan harian dengan memperbarui cerita setiap harinya.
  • Innovel menyediakan dua pilihan mode membaca untuk pengguna baru dengan memilih berdasarkan kategori usia.
Penutup

Setelah mengetahui semua tentang Innovel, Sebagai informasi tambahan bahwa Innovel belum menyediakan fitur membaca novel melalui laman situs website seperti ; Wattpad, KBM App, Storial, GoodNovel, Hinovel, dan aplikasi lainnya. Akan tetapi Innovel memiliki kecepatan akses aplikasi yang luar biasa bagi pengguna.

Baca Juga: